Perhitungan Modal (RAB) Membuka Bisnis Konveksi

Modal adalah faktor yang sangat penting jika seseorang memutuskan untuk membuka sebuah bisnis konveksi, sehingga perhitungan modal menjadi hal yang utama. Usaha konveksi merupakan bisnis banyak diminati di Indonesia karena permintaan pasar yang tinggi namun kompetitornya masih rendah di kota terpencil namun menjadi tinggi di kota besar. Pada artikel ini akan membahas Perhitungan Modal (RAB) Membuka Bisnis Konveksi.

Perhitungan Modal (RAB) Membuka Bisnis Konveksi

Perhitungan Modal (RAB) Membuka Bisnis Konveksi

Sebelum memulai usaha konveksi kaos, diperlukan beberapa persiapan yang penting. Pertama adalah mengenai tempat kerja. Konveksi kaos akan membutuhkan ruang untuk produksi. Dalam sebuah tempat ruang produksi bisnis konveksi harus dapat mampu menampung seluruh alat produksi bisnis konveksi. Jika anda menyewa tempat, harus diperhatikan juga unsur biaya sewa yang dimasukkan dalam modal awal. Memiliki tempat produksi sendiri akan jauh lebih menguntungkan. Kedua adalah peralatan produksi. Sebuah peralatan produksi bisnis konveksi pastinya juga memerlukan beberapa jenis mesin atau alat-alat pendukung selain sebuah mesin jahit. Hal tersebut merupakan adalah modal utama yang diperlukan untuk memulai membuka bisnis konveksi. Berikut adalah perkiraan kasar modal awal membuka konveksi kaos (satuan Rupiah periode tahun 2013)

Bagaimana cara menghitung modal membuka bisnis konveksi?

 

Mesin potong pola      :           1. 000. 000 (harga mulai 500. 000 hingga 2. 200. 000)

Mesin jahit                  :           3. 000. 000 – 4.000.000 (tergantung merk)

Mesin obras                 :           4. 000. 000 (tergantung merk)

Mesin overdeck           :           5. 000. 000 (tergantung merk)

Peralatan jahit             :               500. 000 (gunting, jarum, dll)

Bahan konveksi           :           10. 000.000 (untuk pemula)

BACA JUGA:

Tips dan Trik Memulai Bisnis Konveksi Rumahan

Pengertian Usaha Konvkesi dan Keuntungan Bergelut di Bisnis Konveksi

Refrensi Bisnis Konveksi di Surabaya yang Berkualitas dan Terpercaya

Total perhitungan sebuah modal dalam usaha konveksi kaos di atas adalah sekitar dua puluh empat juta rupiah (Rp. 24.000.00,-). Harga mesin konveksi kaos rata-rata mulai dari tiga juta rupiah. Harga mesin impor relatif tinggi, mulai dari sekitar lima juta rupiah. Perkiraan di atas diambil dari harga rata-rata. Mesin kualitas impor memiliki kualitas yang baik dan tahan lama. Pemilihan sebuah mesin anda dapat sesuaikan dengan skala usaha yang anda inginkan dalam membangun sebuah bisnis konveksi yang diinginkan. Selain mesin baru, di pasaran juga tersedia mesin impor second. Harganya juga masih relatif tinggi. Untuk membeli mesin produksi second, harus diperhatikan juga kondisinya, jangan sembarangan dalam membeli karena merk saja. Harga sebuah mesin potong juga mempunyai harga yang bervariasi, tergantung dari ukuran dan kapasitas mesin memotong tumpukan kain.

Sekian artikel kali ini mengenai perhitungan modal (RAB) membuka bisnis konveksi, semoga dapat membantu anda yang sedang mencari perhitungan modal (RAB) membuka bisnis konveksi, atau ingin membuka usaha konveksi seperti konveksi Surabaya


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *